June 26, 2022

Waduh! Negara Gaji 97 Ribu Aparatur Sipil Negara Fiktif

JAKARTA– Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap fakta bahwa terdapat hampir 97 Ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapat gaji dan dana pensiun tapi tidak ada orangnya alias fiktif.

Data tersebut diungkapkan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam tayangan YouTube Pengumuman BKN Kick Off Meeting Pemutakhiran Data Mandiri, Senin (24/5).

Bima menuturkan, ASN fiktif tersebut didapat saat pihaknya melakukan pemutakhiran data pada 2014.

“Hampir 100 ribu atau tepatnya 97 ribu data ASN misterius. Dibayar gajinya, dibayar iuran pensiunnya, tapi tak ada orangnya. Kami temukan data misterius itu saat pemutakhiran data. Setidaknya, data fiktif tersebut telah ada sejak pemutakhiran data pertama yang dilakukan pada 2002,” kata Bima.

Ia mengaku, saat ini BKN telah menyurati sejumlah instansi untuk memeriksa keberadaan 97 ribu data misterius ASN yang tetap menerima ganji meski keberadaannya tak diketahui.

Nasional Suara-Merdeka mencoba mengkalkulasikan gaji yang dikeluarkan Negara untuk ASN fiktif dengan menggunakan data gaji ASN golongan IA dengan masa kerja 0 hingga 26 tahun.

ASN dengan status lulusan SD dan SMP itu mendapat gaji maksimal sebesar Rp2.335.800. Jika 97 ribu data ASN fiktif yang disematkan untuk golongan IA, maka dana gaji saja yang dikeluarkan pemerintah Rp 226.572.600.000 untuk ASN yang tidak ada orangnya. Luar biasa!

Yudi Kurniawan











Leave a Reply

Your email address will not be published.