NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 24, 2021

Ketua DPRD Kota Bekasi Sebut Pemuda Jadi Pelopor Kreativitas dan Inovasi

JAKARTA – Momentum Kebangkitan Nasional 20 Mei kemarin, jadi instrumen kebangkitan bagi pemuda sebagai ujung tombak kreativitas dan inovasi bangsa.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro saat disinggung terkait Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh setiap tanggal 20 Mei tiap tahunnya.

“Tantangan generasi hari ini dengan situasi yang ada, maka seharusnya hari kebangkitan yang dulu diwakilkan kebangkitan para pemuda dapat dimaknai para pemuda secara positif dan konstruktif, juga sebagai momentum kebangkitan pemuda untuk mendorong kreativitas dan inovasi bagi para pemuda daerah,” ujarnya.

Lebih jauh, Chairoman menuturkan, bahwa pemuda sebagai ujung tombak kreativitas dan inovasi dituntut mampu beradaptasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pasalnya, kemahiran dalam menggunakan teknologi adalah modal dasar untuk kreativitas dan inovasi.

“Kondisi pandemi saat ini bukan hanya semata-mata masalah vaksin atau kondisi ekonomi saja, namun juga menyentuh aspek krisis sosial,” ujar Chairoman.

Dijelaskannya, dengan meningkatnya kriminalitas yang dihadapi masyarakat, hilangnya penghasilan, maka menyebabkan pendeknya pola pikir membuat seseorang mencari cara instan sebagai solusi ekonomi.

“Degradasi moral masyarakat ini sesungguhnya masalah yang sangat mendalam, dan ini bisa diketahui alim ulama, tokoh-tokoh agama dan para pengamat sosial lainnya,” bebernya.

Menurutnya, banyak kasus-kasus yang muncul di permukaan adalah fenomena gunung es, seperti pornografi, narkotika, kekerasan, perceraian dan pelecehan seksual hingga human trafficking serta kasus lainnya.

“Diharapkan program revolusi mental, karakter atau road map pendidikan kembali kepada hal yang asasi. Saya berharap peran dunia pendidikan dan para tokoh agama mampu mengelaborasi dampak dari pandemi ini yang belum juga surut,” tandasnya. (rez)

caption: Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro. foto: Reza Aulia











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *