June 26, 2022

Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Sulteng Tergantung Keseriusan Pemda

Wamen PUPR, John Wempi Wetipo, tiba di Bandara Palu, disambut Pj. Sekprov Sulteng, Mulyono, Gubernur Terpilih Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, dan Wali Kota Palu, Hadiyanto Rasyid. Kamis (27/5/2021). FOTO: Biro Adpim Setdaprov Sulteng

JAKARTA– Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, didampingi
Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra, melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kunker Wamen PUPR dan Wamen ATR/BPN, Kamis (27/5/2021), dalam rangka koordinasi khusus penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Sulteng.

Wamen PUPR, John Wempi, menegaskan bahwa cepat atau lambat fase rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di daerah ini, tergantung keseriusan pemerintah provinsi, dan pemda kabupaten/kota terdampak bencana.

“Kehadiran bapak-ibu untuk memberi solusi dan konsep pikiran sehingga (pemulihan) dapat dipercepat sebelum akhir masa jabatan presiden,” ujarnya, dalam rapat koordinasi (rakor) khusus pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Sulteng, di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (27/5/2021).

Hadir dalam rakor khusus itu, mewakili gubernur, Pj Sekprov Sulteng H. Mulyono, Wali Kota Palu, Hadiyanto Rasyid, Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE, forkopimda, kepala OPD, kepala satgas dan kepala balai lingkup kementerian PUPR, serta fasilitator.

Hal senada juga dikatakan Wamen ATR/BPN, Surya Tjandra. Bahkan pihaknya menargetkan pada akhir tahun ini, segala permasalahan hunian tetap (Huntap) dapat teratasi.

“Kami targetkan akhir tahun ini persoalan huntap dapat teratasi,” ujarnya.

Ia pun berharap penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Sulteng, dijadikan contoh dan dapat ditiru daerah lain yang terdampak bencana.

“Kalau Kita berhasil di Sulteng, Kita siap mengatasi di NTT, Kalimantan dan daerah-daerah rawan bencana lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Sekprov Sulteng, Mulyono, saat membacakan sambutan Gubernur Sulteng, mengatakan sangat berharap rapat koordinasi khusus pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Sulteng, dapat mempercepat penyelesaian beragam kendala di lapangan.

Diantara kendala yang mencuat, yakni kendala pembebasan lahan untuk pembangunan hunian tetap (huntap), dan beberapa ruang serta lahan yang menurut penelitian belum layak bangun meski sudah sangat dibutuhkan.

“Karena setiap masalah harus diselesaikan tanpa membuat masalah baru,” ujar Mulyono.

Kehadiran kedua wamen, kata Mulyono, lebih lanjut diharapkan dapat menjadi titik temu untuk menghasilkan solusi komprehensif.

Pada kesempatan itu diserahkan SK lahan huntap Kota Palu dari Kanwil BPN Provinsi Sulteng kepada Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

Diketahui, Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, didampingi Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra, beserta rombongan tiba di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, pukul 06.20 WITA menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GA-622, pada Kamis (27/5/2021.

Setibanya di bandara, wamen dan rombongan disambut Pj. Sekprov Sulteng, Mulyono, Gubernur Terpilih Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Wali Kota Palu, Hadiyanto Rasyid.

PEWARTA : M. Rain Daling / NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.