June 26, 2022

Kejahatan Siber Masih Terus Merajalela

Jakarta – Kejahatan siber semakin marak terjadi. Tersebarnya isu pencurian data pribadi berisi informasi lengkap dengan jumlah 297 juta Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi buah bibir masyarakat. Isu ini kembali menjadi pembicaraan dikarenakan belum adanya langkah konkret dari pemerintah untuk membasmi pencurian data ini. Seolah-olah pemerintah masih meraba-raba cara jitu untuk menangani hal serupa.

Melihat Indonesia yang sudah berada di era digital, MPR RI menegaskan agar haluan negara dapat menjadi dasar pembangunan nasional yang berkelanjutan. MPR RI memberi rekomendasi percepatan pembangunan infrastuktur TIK demi mewujudkan ketahanan siber.

Pemerintah menargetkan pembangunan infrastuktur TIK untuk dirampungkan pada Tahun 2032. Mengingat angka tersebut termasuk waktu yang sangat lama, hal ini menunjukkan kapasitas dan kapabilitas infrastruktur TIK yang masih menaiki anak tangga perlahan-lahan.

Lambatnya penargetan ini dinilai belum efektif, sehingga dapat memberi peluang atas akses pembobolan dan pencurian data akan mudah dilakukan.

Menurut catatan kementerian, 12.548 desa atau kelurahan di Indonesia masih belum terjangkau sinyal 4G. Detail rincian tersebut yakni sebanyak 9.113 lokasi berada di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T). Daerah-daerah tersebut hanya dapat dijangkau oleh jaringan 2G sehingga masyarakat hanya mendapatkan layanan seluler berupa telepon dan SMS.

Baru-baru ini ada banyak keluhan dari masyarakat yang mengadu bahwasannya nomor pribadinya diduga bocor karena ada banyak tawaran berupa iklan, pinjaman atau penawaran jasa yang latar belakangnya tidak jelas.

Dari kasus yang tidak kunjung usai ini, orang awam pun akan menyadari bahwa ketahanan siber di Indonesia masih harus dirapikan. Pemerintah seharusnya menghentikan kasus seperti ini secepat mungkin mengingat data-data informasi sangat penting untuk dilindungi. Sebabnya, jikalau masih saja kondisinya demikian, lambat laun masyarakat akan kehilangan kepercayaan atas perlindungan informasi pribadinya terhadap pemerintah.

Prastika Dwi Kusumah, S.Ak. – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.