June 26, 2022

Tambang Emas Luwu Akan Beroperasi Pada 2023

Jakarta – PT Masmindo Dwi Area merupakan perusahaan tambang emas yang sudah mengeksplorasi lahan pertambangan sejak 1998 di desa Rante Bella, kecamatan Latimojong, kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan dan diperkirakan akan beroperasi di 2023 atau 2024.

“Eksplorasi tambang itu butuh waktu lama, ya sekitar 15-20 tahun lah. Dan sekarang ini baru selesai tahap eksplorasi.” Ungkap Dwiwati Riandhini selaku Corporate Communications PT Masmindo Dwi Area (27/5).

Dwiwati Riandhini yang akrab disapa Dria ini juga mengatakan bahwa perusahaan sedang menyelesaikan tahap Frond and Engineering Design (FEED) sehingga belum dilaksanakan penambangan secara aktif. Frond and Engineering Design ini merupakan desain teknik tambang dan pembiayaan.

Karena baru memulai aktivitas pada 1998 maka PT Masmindo baru sampai di tahap eksplorasi. Namun dengan demikian, sebelum PT Masmindo beroperasi ternyata sudah ada perusahaan yang melakukan eksplorasi di area tersebut.

Dria juga memprediksi, bahwa kegiatan produksi dimulai 2023 atau 2024. Penambangan tersebut bisa dilakukan setelah FEED selesai, setelah itu dilanjutkan dengan pembebasan lahan dan konstruksi.

“Setelah tahap pembebasan lahan, kemudian dilanjutkan dengan tahap konstruksi yang diperkirakan lamanya sekita 3 tahun. Setelah itu baru bisa berproduksi.” Tambah Dria.

Perlu diketahui bahwa PT Masmindo Dwi Area merupakan perusahaan patungan antara PT Nusantara dengan PT Indika Energy Tbk. PT Nusantara yang berasal dari Australia ini menguasai 75 persen saham sedangkan PT Indika Energy Tbk hanya 25 persen saja.

Sugeng Mujiyanto selaku Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Ditjen Minerba Kementerian ESDM membenarkan, PT Masmindo Dwi Area telah melakukan eksplorasi di Luwu, Sulsel. Tetapi, status terakhir ada pada Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) di tahun 2021.

Sugeng pun meminta agar semua dikaji ulang, mulai dari status sumber daya dan cadangan secara detail. Menurutnya, perusahan tambang ini merupakan KK yang telah memasuki tahap operasi produksi, namun kegiatannya tidak menunjukan konstruksi secara signifikan.

Oleh Trisna Bayu Windya











Incoming search terms:

  • masmindo dwi area
  • pt masmindo dwi area

Leave a Reply

Your email address will not be published.