June 26, 2022

Eri Cahyadi: OPD di Lingkup Pemerintah Kota Berperan Penting Untuk UMKM

JAKARTA– Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemerintah kota setempat berperan penting dalam upaya memasarkan produk-produk UMKM di Kota Pahlawan, Jatim.

Eri Cahyadi di Surabaya, Minggu, mengatakan, pihaknya memastikan akan terus membantu memasarkan dan meyakinkan seluruh warga Kota Surabaya bahwa ekonomi Surabaya bisa bergerak jika UMKM-nya bisa bergerak. 

“Tentunya, sambil kita terus mencegah penularan COVID-19 di Kota Surabaya,” kata Eri.
 
Ia juga selalu menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 dan perekonomian Surabaya adalah dua mata pedang yang sama-sama tajam, sehingga tidak boleh dibiarkan salah satunya berhenti. 

Wali Kota Eri mengaku tidak akan membiarkan ekonomi mati dan juga tidak akan membiarkan pandemi COVID-19 di Kota Surabaya terus bertambah. Oleh karena itu, kata dia, ekonomi di Surabaya harus digerakkan. 

“Ketika ekonomi bergerak pasti akan ada pertemuan orang, sehingga kita harus menguatkan pencegahan COVID-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Menurut Eri, salah satu cara untuk mengerakkan perekonomian di Surabaya adalah peran dari OPD di Pemkot Surabaya mulai dari dinas, bagian, badan, kecamatan hingga kelurahan, untuk ikut memasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Untuk itu, Pemerintah Kota Surabaya menggelar Lomba Promosi Produk UMKM untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728. Lomba yang dikhususkan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya beserta para Camat se-Surabaya itu digelar dengan terbatas serta dengan protokol kesehatan ketat.

Pagelaran lomba yang digelar di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5) itu disiarkan secara langsung melalui beberapa akun media sosial dan akun YouTube yang dikelola oleh Pemkot Surabaya. 

Lomba Promosi Produk UMKM ini dilakukan melalui dua tahap, pertama setiap OPD dan Camat membuat video sekreatif mungkin dalam memasarkan produk UMKM yang diunggah di sosial media masing-masing, baik akun sosmed OPD atau pun akun pribadi.  

Kedua mereka tampil dipanggung yang telah disediakan sembari mempromosikan produk UMKM. Penampilan 20 peserta terbaik itu pun digelar di Balai Kota Surabaya hari ini.
 
Dari 75 peserta yang ikut serta menyetorkan video promosinya, dipilih 20 peserta. Kemudian, dari 20 itu dipilih enam peserta terbaik dan dua juara favorit. 

“Enam yang terbaik dan beberapa peserta lainnya akan ditampilkan juga di videotron di berbagai titik di Surabaya, jadi akan kita sampaikan kepada warga Surabaya,” ujarnya.

Dari 20 peserta itu, dipilih enam juara terbaik, yaitu Juara Harapan 3 diraih oleh Bagian Humas, Juara Harapan 2 diraih oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Juara Harapan 1 diraih oleh Dinas Perpustakaan dak Kearsipan,  Juara 3 diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Juara 2 diraih oleh Bagian Umum.

“Khusus Juara 1 akan diumumkan secara langsung pada saat upacara HJKS ke 728 di Balai Kota Surabaya pada Senin (31/5),” katanya.
 
Sementara juara favorit berdasarkan voting diraih oleh dua peserta. Juara Favorit 1 diraih oleh Bagian Humas dan Juara Favorit 2 diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Pewarta: Dimas Tri Pamungkas











Leave a Reply

Your email address will not be published.