NASIONAL
SUARA MERDEKA
January 23, 2022

Proyek Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru Dipastikan Beroperasi Pada 2022

JAKARTA– Rombongan Komisi VI DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Linggih melakukan Kunjungan Kerja ke Bojonegoro, Jawa Timur untuk melihat langsung progres Proyek Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru (27/5).

Sumarjaya Linggih mengapresiasi kinerja PT. Pertamina EP Cepu yang telah menyelesaikan Proyek Tiung Biru hampir 91%.

“Kami melakukan kunjungan Panja Energi ke Bojonegoro untuk mengamati persis kondisi dari Proyek Tiung Biru. Kami berharap program ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang ada di lapangan dan kami melihat progresnya sudah sampai 91% dimana pada kuartal pertama tahun 2022 itu akan bisa beroperasi sehingga kita bisa menghasilkan 192 MMSCFD,” jelasnya.

Politisi Senior Golkar itu juga optimis bahwa proyek ini akan mampu menghidupkan industri-industri di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

“Kami meyakini di kuartal pertama, Tiung Biru bisa beroperasi dengan baik sehingga mampu menghidupkan industri-industri di Jawa Timur dan Jawa Tengah, kedepan diharapkan juga ini bisa berdampak pada masyarakat untuk mendapatkan gas dengan baik, murah dan berkualitas,” paparnya.

Direktur Utama PT. Pertamina EP Cepu Awang Lazuardi menambahkan, kendala yang sempat dialami adalah proses fabrikasi alat dan pengirimannya dari luar negeri. Terlebih, gelombang pandemi di luar negeri turut mempengaruhi jadwal di dalam negeri.

Awang mengatakan, dalam masa pandemi ini, pihaknya memanfaatkan secara efektif setiap waktu yang dimiliki guna mengejar ketinggalan sektor tertentu dan menjamin proyek masih on the track sesuai target.

PT. Pertamina EP Cepu mengembangkan lapangan Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Ke depan, proyek JTB dapat menyumbangkan energi gas sebesar 192 MMSCFD pada masa produksi.

Ratu Tiara











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *