NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 27, 2021

Bung Yudha Tetap Telusuri Bantuan Perahu dari Pemerintah di Duga Diperjual Belikan di Desa Tompe

JAKARTA– Tokoh Pemuda Tompe, yang juga Pimpinan Redaksi Gelora Demokrasi, Yudha Krisna, ketika Diwawancarai Kru Nasional Suara Merdeka, di Kafe Rob 90 Ujuna, Senin (31/5), mengatakan Bahwa dia tetap menelusuri, tentang Bantuan Perahu 2020 di Tompe dari Pemerintah yang seharusnya menjadi tanggung jawab Kepala Desa Tompe.

Namun saat Bung Yudha menduga yang terjadi di lapangan adalah tidak adanya transparansi mengenai ini. Pihak-pihak didalamnya melempar satu sama lain.

“Hentikan cara itu jangan buat saya marah,” tegas Yudha.

Sumber terpercaya dari Bung Yuda mengatakan bahwa bantuan perahu tersebut telah dijual oleh inisial B menjual Perahu Bantuan kepada L seharga 1,4 juta.

Selain rumor penjualan tersebut, ada kisah lain bahwa ada masalah dalam pembagian bantuan tersebut.

“Seharusnya bantuan tersebut diberikan bersama mesinnya, ini yang sampai hanya perahu saja,” lanjut Wartawan ini.

Yuda mempertanyakan mengapa ada perbedaan seperti ini. Ia pun telah melakukan investigasi di Desa Tompe yang timnya dirahasiakan.

Menurut masyarakat, mesin yang dimaksud ada di saudara B Hasil investigasi tersebut juga menghasilkan fakta bahwa masyarakat dari Balentuma dan desa-desa lainnya mencari mesin di Desa Tompe.

“Jangan-jangan memang ada perampok di Tompe,” tutup Yuda.

Dari kabar yang beredar, bantuan perahu untuk nelayan tersebut berjumlah 600 lebih. Bantuan tersebut ditujukan sebagai bantuan untuk korban bencana yang tersebar di Donggala, Palu dan Pantai Pesisir Tompe.

Menurut Tim Kru yang disapa Bung Yudha, salah satu putra Tompe ini menginginkan proses hukum atas penyalahgunaan bantuan dari pemerintah yang terjadi di Sulawesi Tengah.

Sebelumnya Kadis Perikanan Provinsi Sulteng, Melalui Kabid Perikanan Tangkap J Rega, membenarkan adanya bantuan untuk Perahu Nelayan Untuk Korban Bencana, Tersebar Di Donggala, Palu dan pantai Pesisir Tompe Dengan jumlah keseluruhan 600 Lebih untuk tidak dipeejual belikan dan salah sasaran,
Ternyata ada dugaan beberapa Perahu bantuan dijual dengan harga 1,4 JT .

Saat di Hubungi Kades Tompe dihari yang sama tidak berada ditempat, Hingga berita ini dimuat tidak mendapatkan konfirmasi dari Kades setempat.

Prastika Dwi Kusumah, S.Ak. – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *