June 26, 2022

Upacara Peringatan Hari Pancasila 2021 digelar secara Virtual

JAKARTA– Peringatan Hari Pancasila dilakukan di Gedung Pancasila, Jakarta. Melihat kondisi yang masih dalam masa pandemi ini, upacara tersebut ditampilkan secara virtual. Upacara tersebut dihadiri Presiden RI sebagai inspektur upacara.

Upacara peringatan Hari Pancasila ini dipimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P.

Presiden RI juga mengimbau rakyat Indonesia agar memanfaatkan peringatan hari kelahiran pancasila ini untuk mengokohkan nilai-nilai yang terdapat dalam pancasila.

“Walaupun pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi bangsa tidaklah semakin ringan,” ujar Presiden RI dalam pidatonya dalam upacara hari ini.

Presiden Jokowi pun menyampaikan bahwasannya adanya globalisasi dan interaksi dunia tidak serta merta dapat menyamakan pandangan dan kebersamaan. Selain itu, Jokowi pun menegaskan agar semua rakyat Indonesia mewaspadai rivalitas antar pandangan termasuk rivalitas nilai-nilai, juga rivalitas antar ideologi.

Jokowi juga menyinggung soal perkembangan pengetahuan dan teknologi yang telah mempengaruhi landscape ideologi.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tutup Jokowi di akhir pidatonya.

Prastika Dwi Kusumah, S.Ak. – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.