June 26, 2022

Kemnaker : Mempersiapkan Kepulangan Para Pekerja Migran Dari Malaysia

JAKARTA – Kemnaker segera berkoordinasi untuk persiapan kepulangan 7300 para pekerja migran dari Malaysia. Yang mana pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan segera melakukan koordinasi mengenai rencana kepulangan para Pekerja Migran Indonesia PMI Bermasalah (PMIB) dari Malaysia pada bulan Juni hingga bulan Juli 2021 mendatang. Hingga saat ini Kemnaker telah mengarahkan Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) untuk terus memonitori rencana kepulangan PMI tersebut.

“Langkah Kemnaker selanjutnya melakukan koordinasi dengan K/L terkait dengan data jumlah PMI yang akan pulang, termasuk waktu dan daerah asal masing-masing PMI” kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi dalam rapat gabungan (ragab) dengan Komisi I, Komisi IX, Komisi X DPR di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta hari Rabu (2/6).

Anwar juga menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum memperoleh data dari perwakilan RI terkait jumlah yang pasti dari PMIB yang akan dipulangkan melalui jalur darat, laut dan udara.

Saat ini, jumlah dari PMI yang berada di Malaysia dan memiliki izin resmi Visa PLKS (Pass Lawatan Kerja Sementara) per tanggal 15 Maret 2021 berjumlah 470.396 PMI. Sedangkan dari hasil koordinasi Atnaker dengan Pemerintah Malaysia melalui Jabata Imigrasi di bawah Kementerian Dalam Negeri diinformasikan bahwa ada sekitar 7.300 PMI Bermasalah yang berada di Depo Tahanan Imigrasi.

“Melalui Atnaker pemerintah telah meminta kepada pihak Malaysia untuk segera memulangkan para WNI/PMI tersebut dikarenakan mereka sudah habis masa tahanan, terbanyak dari para tahanan tersebut dikarenakan pelanggaran izin tinggal (tidak memiliki izin kerja/permit” ucapnya.

Anwar mengatakan bahwa dalam proses tersebut, perwakilan dari RI memprioritaskan memulangkan para PMI yang dianggap dalam kategori rentan (orang tua, ibu hamil, dan anak-anak) yang ada di tahanan. Imigrasi terus dilakukan secara bertahap dalam skala kecil dimulai pembiayaan dari Depo maupun secara mandiri.

Terkait jumlah PMI di Depo sebanyak 7.300 PMIB yang akan pulang, saat ini masih dalam proses pendataan di seluruh Depo Tahanan Imigrasi di Malaysia.

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.