June 26, 2022

Puluhan Mahasiswa Gelak Aksi Minta TPL Ditutup

SUMUT-Puluhan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Kota Pematang Siantar Sumut menggelar aksi unjuk rasa di depan Universitas Simalungun Jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar, Sabtu (5/6/2021).

Puluhan mahasiswa yang didominasi oleh laki-laki membawa sejumlah spanduk dalam ukuran yang berbeda-beda dan menyuarakan ingin meminta tutup TPL yang di nilai telah merusak lingkungan.

Pantauan wartawan tepatnya di lokasi, para mahasiswa/i tampak membentangkan spanduk bertuliskan kata-kata khas kedaerahan ‘bangso batak’ disepanjang Jalan Sisingamangaraja.

Tak hanya itu, para aksi juga bernyanyi khas daerah dengan lirik lagu ‘Palao TPL’ perusak lingkungan dan spontan menghadang truk bermuatan kayu yang melintas di Jalan Sisingamangaraja.

Para demonstran menaiki truk kayu milik TPL itu sebagai bentuk protes dan perlawanan kepada perusahaan yang telah merusak lingkungan di tanah adat batak itu.

Setelah itu mereka turun dari truk dan kembali ke tempat semula untuk melanjutkan aksi.

Aparat kepolisian dari Satuan Lalulintas Polres Siantar juga terlihat di sana, guna mengawal aksi tersebut. Namun hingga saat ini para mahasiswa yang mengelar aksi tersebut belum berhasil di wawancara.

Seperti diketahui, Selasa, 18 Mei 2021, terjadinya bentrokan antara masyarakat DesaNatumikka dengan PT TPL karena masyarakat tidak mau lahan mereka ditanami eucalyptus.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun puluhan orang disebut mengalami luka-luka. Beberapa warga dibawa ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan akibat luka serius yang dialami.

PT Toba Pulp Lestari Tbk sudah hadir di Porsea, Sumatera Utara, sejak tahun 1989. Ketika itu namanya PT Inti Indorayon Utama yang lalu berganti menjadi PT TPL seperti saat ini. Dari pertama hadirnya Pabrik Pulp Pertama ini tidak pernah berjalan dengan baik bagi masyarakat setempat. Dimana pabrik ini dinilai sangat merusak lingkungan sekitar.

Penulis : Matius Gea

Teks Foto, Sejumlah mahasiswa turun aksi Minta TPL di tutup (foto/Matius Gea/NSM)











Leave a Reply

Your email address will not be published.