June 26, 2022

Penyebab Kebakaran Tangki di Kilang Cilacap Masih Diselidiki, Kerugian Belum Dihitung

CILACAP, JATENG – Pertamina belum bisa memastikan potensi kerugian dan penyebab kebakaran yang terjadi di area pertangkian 39, Kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, pada Jumat (11/6/2021) malam.

Demikian diungkapkan Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan, kepada NSM, Minggu (13/6/2021) sore.

“Sejauh ini belum bisa kami pastikan, belum bisa kami kalkulasi kerugian,” kata Hatim.

Selain itu, Hatim, juga menegaskan bahwa sampai saat ini, pihak Internal Pertamina, bersama Kepolisian Resor (Polres) Cilacap, masih melakukan investigasi penyebab kebakaran.

“Penyebab kebakaran masih diinvestigasi, begitu juga dengan kerugian masih dihitung,” ujarnya.

Hatim, mengatakan tidak ada batasan waktu terkait investigasi penyebab dan kerugian dari insiden kebakaran tersebut.

“Tidak ada batas waktu penyelidikan penyebab kebakaran,” ujarnya.

Hatim, juga menyampaikan bahwa api secara keseluruhan telah berhasil dipadamkan pada Minggu (13/6/2021) siang.

“Alhamdulillah, api sudah padam semuanya,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, Kepala Polres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi, juga mengatakan bahwa masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di area pertangkian 39, Kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

“Sampai saat ini kami masih terus melakukan penyelidikan dalam rangka investigasi (penyebab kebakaran),” ujarnya.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya mengakomodasi dari beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan kebakaran, baik karena faktor lingkungan, cuaca, sarana-prasarana, manusia, dan sebagainya.

Menurut dia, pihaknya masih terus menggali informasi terkait dengan penyebab kebakaran termasuk mengumpulkan saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

“Kemudian nanti secepatnya kalau kami sudah menemukan (penyebab kebakaran) secara global, akan kami sampaikan. Sampai saat ini masih kami laksanakan penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Ia mengatakan beberapa saksi yang telah diperiksa di antaranya petugas sekuriti, masyarakat, maupun pihak-pihak terkait lainnya.

Diketahui, kebakaran di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap terjadi pada Jumat (11/6/2021) malam, pukul 19.45 WIB.
Dan akhirnya, api berhasil dipadamkan secara keseluruhan pada Minggu (13/6/2021) siang.

“Tepat pada hari Minggu, pukul 10.50 WIB, kawan-kawan di Kilang Pertamina Cilacap bisa memadamkan seluruh api yang ada di sekitar tangki area 39. Semua dalam kondisi lancar dan padam,” kata Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Djoko Priyono, dalam konferensi pers, Minggu (14/6/2021) siang, di Head Office Pertamina RU IV, Cilacap, Jateng.

PEWARTA : M. Rain Daling, S Hum / NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.