June 26, 2022

Pertamina Apresiasi Forkominda dan Media Dalam Penanganan Kebakaran di Kilang Cilacap

CILACAP, JATENG – Direktur Utama Kilang Pertamina Internasional (KPI), Djoko Priyono, menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang memberikan dukungan dalam upaya penanganan insiden kebakaran di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

“Dalam kesempatan ini kami tentunya juga ingin mengucapkan terima kasih pada unsur Forkopimda, diantaranya ada Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kajari, dan pihak-pihak lainnya,” ujarnya, dalam jumpa pers di Kantor Pusat Kilang Cilacap, Minggu (13/6/2021) siang.

Djoko, juga memberikan apresiasi kepada teman-teman jurnalis yang terus mengikuti proses penanganan kebakaran sejak insiden terjadi di sekitar tangki area 39 berisi Benzene tersebut, pada Jumat (11/6/2021) malam.

“Terima kasih juga atas dukungan yang diberikan juga kepada rekan-rekan media yang terus mengikuti proses penanganan dan secara berkala kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Djoko, juga meyampaikan bahwa api secara keseluruhan telah berhasil dipadamkan pada Minggu (13/6/2021) pukul 10.50 WIB.

Hal tersebut, kata Djoko, merupakan wujud upaya kerja keras Pertamina dan semua stakeholder terkait, hingga akhirnya berhasil melakukan pemadaman offensive fire fighting dan proses cooling (pendinginan).

“Kami sampaikan bahwa tadi pukul 10.50 WIB, Alhamdulillah kawan-kawan Pertamina Kilang Cilacap telah memadamkan seluruh api yang ada di lingkungan sekitar tanki 39. Semuanya dalam kondisi lancar dan padam. Selanjutnya kami akan melakukan cooling dengan foam dan terus melakukan monitoring,” ujar Mantan GM Kilang Pertamina Cilacap itu.

Menurutnya, jika dihitung total waktu yang diperlukan dalam proses pemadaman sekitar satu setengah hari dari saat kejadian timbulnya api sampai padamnya api secara keseluruhan.

“Namun demikian kita tetap waspada rekan-rekan pekerja Kilang Pertamina Cilacap tetap menjaga lingkungan tanki supaya tidak lagi terjadi titik api,” jelas Djoko.

Insiden tersebut, menurut Djoko, tidak mengakibatkan kendala apapun terhadap konsumen, baik masyarakat umum maupun konsumen dari kalangan industri Petrokimia.

“Seperti penegasan Ibu Nicke Widyawati selaku Dirut Pertamina, insiden ini sejak awal sama sekali tidak berdampak pada operasional kilang maupun distribusi BBM dan Elpiji. Semua aman,” ujarnya.

“Nanti semua tanki dilakukan akan pengecatan ulang dan perbaikan kecil hingga bisa digunakan kembali seperti sedia kala,” ujar Djoko, menambahkan.

Turut hadir dalam konferensi pers, Direktur Operasi PT KPI, Yulian Dekri, GM Pertamina Kilang Cilacap, Joko Pranoto, Kajari Cilacap, Tri Ari Mulyanto, Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi, Dandim 0703/Cilacap, Letkol (Inf) Andi Afandi, serta Pasintel Lanal Cilacap, Mayor Laut (E), Sudianto.

PEWARTA : M. Rain Daling, S.Hum / NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.