June 26, 2022

Kemnaker Melakukan Investigasi Kasus 5 Calon PMI yang Loncat Dari Mess

JAKARTA – Pihak Kemnaker telah melakukan investigasi terkait lima Calon PMI yang kabur dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Central Karya Semesta (CKS). BLKLN CKS berlokasikan di Jalan Lobak, Bumiayu Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

Investigasi yang berlangsung selama dua hari tersebut, yaitu pada hari Jum’at dan Sabtu (11-12/6/2021) dan menemukan adanya sejumlah perlakuan tidak mengenakan atau tidak manusiawi yang dilakukan oleh pihak BLKLN CKS terhadap lima CPMI, sehingga membuatnya nekat kabur dari lantai empat.

“Dari pemeriksaan yang telah dilakukan oleh tim dari Kementerian Ketenagakerjaan, manajemen dari BLKLN CKS terindikasi telah melakukan tindakan atau perbuatan yang tidak manusiawi terhadap lima CPMI” kata Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono pada hari Sabtu (12/5) di Jakarta.

Perlakuan yang tidak manusiawi tersebut menjurus ke perbudakan itu seperti hukuman bullying terhadap CPMI, yang mana CPMI tidak diperbolehkan untuk keluar dan dikunjungi oleh pihak keluarga, dan aturan makan sehari-hari yang tidak sesuai, yakni sehari semalam CPMI hanya akan diberikan makan sehari sekali, pagi hari hanya diberikan kolak tiga sendok, kemudian CPMI disuruh minum air yang banyak.

Dirjen Suhartono juga mengatakan bahwa tindakan yang tidak manusiawi tersebut, pihaknya bersama dengan Pengawas Ketenagakerjaan akan mengambil tindakan tegas terhadap pihak yang bertanggung jawab di Balai Latihan Kerja yang berada di bawah naungan PT. Cipta Karya Sejati (PT CKS).

“Temuan dari tim di lapangan ini akan menjadi acuan untuk nantinya diambil tindakan terhadap manajemen BLKLN CKS maupun pihak P3MI PT CKS” katanya.

Pada investigasi ini, Kementerian Ketenagakerjaan menerjunkan Tim Satgas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang berasal dari Dirjen Binapenta dan PKK dan Pengawas Ketenagakerjaan Dirjen Binwasnaker dan K3.

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.