NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 27, 2021

Komisi I: Situasi Seperti Ini, Jenderal Andika Perkasa Pas Jadi Panglima TNI

JAKARTA – Dukungan terhadap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, untuk menjadi pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI terus berdatangan.

Salah satu dukungan datang dari Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Menurut Fadli, pilihan kepada Andika adalah yang terbaik di antara tiga matra dalam kondisi dan situasi yang tengah dihadapi saat ini.

“Menurut saya yang paling cocok dalam situasi sekarang adalah Jenderal Andika Perkasa,” ujar Fadli Zon kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Dalam pandangan Fadli, sosok Andika Perkasa adalah prajurit kaya prestasi yang mampu bergerak dinamis dengan penuh kedisiplinan.

“Figur profesional, berprestasi, dan melihat tantangan geopolitik yang dinamis. Jenderal Andika bisa merespons dengan baik, bisa berkomunikasi dan interaksi dengan komunitas militer internasional. Ini dibutuhkan,” jelasnya.

Dengan prestasi itu, anggota Komisi I DPR RI ini meyakini Andika Perkasa dapat mengangkat kembali marwah dan wibawa TNI.

“Jenderal Andika bisa mengangkat kembali wibawa TNI di tingkat nasional dan internasional,” tandasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta juga mengungkapkan hal yang sama.

“KSAD saat ini, Pak Andika, memang punya nilai plus yaitu pengalaman menjadi Kepala Staf yang paling lama di antara yang lainnya. Saya kira juga cocok dengan tantangan yang dihadapi baik itu di Papua maupun di wilayah nusantara secara Umum. Selama ini, Pak Jenderal Andika tampak sangat humanis tapi tegas. Saya kira itu tepat untuk saat ini,” kata Sukamta.

Kendati demikian, Sukamta mengatakan semua kepala staf mempunyai kompetensi untuk menjadi Panglima TNI.

“Prinsipnya, semua kepala staf punya kapasitas yang lebih dari cukup untuk menjadi panglima,” katanya.

Penulis: Luki Herdian S.Ikom











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *