June 26, 2022

Gus Agus Floureze Siap Bantu Pemerintah, Menyelamatkan Kerugian Rp. 20 T dari Pertambangan Ilegal

JAKARTA, NSM- Darah Majapahit Flores Gus Agus Floureze Rabu (23/6) Mengatakan Kerugian Negara Rp. 20 Triliun akibat Tambang Emas Liar, dapat diatasi menjadi Pemasukan ke Negara, Jika Pemerintah Lebih Serius Melihat Tambang Rakyat tidak dilihat sebelah mata, dengan cara memberikan Kemudahan Kepada Penambang Rakyat membuat Izin IPR.

Selama ini Gus Agus melihat Perkara Tambang Emas Liar di curigai saling petakumpet dengan kepolisian tanpa ada Solusinya.

” Karena sehingga ketika saat dilakukan razia di lokasi tambang emas, terkadang pihak Dinas ESDM dibuat pusing oleh para Penegak Hukum dijadikan Saksi Ahli,” tegas Ketum LBH Phasivic Jakarta Pusat ini.

Gus Agus juga dalam dialognya secara virtual dengan pihak Kementerian ESDM mendesak agar dibuat Formulasi baru dalam bentuk Kepmen maupun PP kemudahan yang diberikan kepada Penambang Rakyat untuk mengurus Izin , agar cepat mendapatkan IPR.

” Ini kalau IPR sudah ada, Pajak ke Pemerintah Pasti Gede,” tegas Agus Floureze.

Ia mengatakan, solusi untuk penambang rakyat adalah pemerintah harus mengangkat kehidupan mereka dan jangan dijadikan bulan-bulanan penegak hukum.

Tokoh Pers Nasional ini mengatakan juga terkait dengan cara positif yang dapat dilakukan adalah mempermudah para penambang rakyat untuk mengurus IPR.

” Jika mereka diselamatkan, Pajak dari Tambang Rakyat, bisa menutupi kerugian negara sampai 20 Triliun rupiah,” tegas Agus yang memiliki darah Majapahit dan Floureze ini.

Agus Floureze juga menjelaskan adanya data dari KPK yang menyebutkan kerugian negara akibat tambang liar sampai 20 Triliun.

Menurut dirinya alangkah lebih baik tiap pihak berkerjasama menyelamatkan anggaran tersebut.

Agus pun mengaku siap untuk menjadi Ketua Tim , jika ditugaskan menyelamatkan anggaran 20 Triliun rupiah dari tambang emas.

“Menteri ESDM mengatur tambang rakyat, dengan aturan yang tidak rumit. Menteri ESDM Arifin Tasrif juga mengatakan pengaturan IPR sudah diatur di UU No.3 Tahun 2020, dan UU Tersebut sangat mudah mengurus IPR. Bisa perorangan dan koperasi,” ucap Komisaris Utama PT Nasional Suara Merdeka.

Ia juga menyampaikan bahwa 80 persen provinsi di Indonesia adalah wilayah tambang emas.

Berikut data wilayah atau provinsi yang terdapat tambang emas.

  1. Gorontalo
  2. Sulawesi Tenggara
  3. Kalimantan Barat
  4. Kalimantan Tengah
  5. Riau
  6. Sumatera Utara
  7. Aceh
  8. Papua
  9. Kalimantan Selatan
  10. Sulawesi Selatan
  11. Sulawesi Utara
  12. Sulawesi Tengah
  13. Papua Barat
  14. Maluku Utara
  15. Jambi
  16. Sulawesi Barat
  17. Kep. Bangka Belitung
  18. Sumatera Selatan
  19. Kepulauan Riau
  20. Sumatera Barat
  21. DIY
  22. Banten
  23. Jawa Timur
  24. Jawa Tengah
  25. Nusa Tenggara Timur










Leave a Reply

Your email address will not be published.