June 26, 2022

Kemnaker Berencana Bangun BLK di Mappi, Papua

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah sangat mendukung usulan yang diberikan mengenai pendirian Balai Pelatihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat (BLK UPTP) miliki Kementerian Ketenagakerjaan di Kabupaten Mappi, Papua.

“Saya sangat mendukung rencana pembangunan BLK di Mappi, Papua ini. Apalagi apk Bupati tadi bilang bahwa sudah memiliki mapping kebutuhan tenaga kerja peningkatan kompetensinya” ujar Bu Ida Fauziyah seusai menerima audiensi Bupati Mappi, Papua Cristosimus Yohanes Agawemu, di Kantor Kemnaker beberapa hari yang lalu.

Bu Ida mengatakan bahwa pembangunan BLK UPTP di Kabupaten Mappi ini dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Melalui Inpres ini, kami terus mendorong pengembangan kompetensi tenaga kerja di Papua dan Papua Barat. Upaya pengembangan SDM terus dilakukan melalui pendirian BLK dan BLK Komunitas disana” ujarnya.

Bu Ida Fauziyah mengatakan bahwa secara geografis, Kabupaten Mappi sangat strategis karena terletak diantara Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Merauke. Sementara dari sisi kebutuhan tenaga kerja, nanti masyarakat atau tenaga kerja dapat diserap seperti di industri sawit yang ada di daerah setempat.

Seusai dari pertemuan tersebut pihaknya segera memverifikasi berkas terkait pembangunan BLK UPTP, kemudian ditindaklanjuti dengan memerintahkan tim untuk mengecek lokasi yang akan dibangun dan dijadikan gedung BLK UPTP nantinya.

“Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, kami segera memeriksa kelengkapan usulan, berkas-berkasnya kami verifikasi terlebih dahulu. Lalu terjun langsung ke lapangan” ujarnya.

Sumber Berita : @Kemnaker/Instagram
Sumber Foto : rm.id (Rakyat Media)

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.