June 26, 2022

Anak Buah Komjen Agus Bergerak Setelah Mendapat Laporan Mensos Risma Mengenai KPM dan PKH

JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapatkan laporan mengenai penyelewengan hak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh oknum Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) sebelum beliau berkunjung ke Balai Desa Kanigoro pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dan berita yang beredar bahwa setelah permasalahan itu muncul, langsun permasalahan tersebut dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Setelah permasalahan tersebut dilaporkan kepada Bareskrim Polri, pihak Bareskrim Polri pun menjawab laporan yang diberikan. Dan kini permasalahan tersebut dalam tahap penyelidikan oleh pihak Bareskrim Polri.

“Saya telah berkomunkasi dengan Bareskrim Polri supaya cepat menangani oknum pendamping PKH dan dan laporannya sudah satu pekan yang lalu” ujar Mensos Tri Rismaharini pada saat diwawancarai hari Selasa (29/6).

Laporan yang diberikan kepada Bareskrim Polri dari Bu Risma memang kini sudah masuk kedalam tahap penyelidikan dan sedang ditindak lanjuti seperti apa kasus ini.

“Masih dalam tahap penyelidikan untuk kumpulkan bahan keterangan dan informasi dari beberapa kabupaten” ujar Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto dalam wawancaranya hari Rabu (30/6).

Bu Risma mengatakan bahwa jika memang terbukti ada yang mengambil hak KPM maka oknum pendamping PKM bisa dipidana.

Memang Bu Risma berkata bahwa sekitar ada 32 kartu yang tidak diserahkan kepada KPM – PKH dengan nominal yang tidak sedikit pula. Yang berarti para saksi ini sudah dikumpulkan menurut Donny.

“Masih menyelidiki untuk memperkuat data dan informasi yang dari beliau” ujar Agus.

Pihak Agus memang masih menyelidiki dan mendalami kasus ini dengan baik dan teliti. Memang terakhir kali berita terdengar bahwa 14 warga yang menjadi korban dari permasalahan ini. Akan tetapi setelah diselidiki bahwa terdapat saksi-saksi dan akan diperiksa saksi-saksi tersebut.

Berharap bahwa kasus ini bisa diselesaikan dengan baik dan bisa terselesaikan. Dan terakhir terdengar kabar bahwa kasus ini sudah ada barang buktinya untuk dijadikan prakaranya. Kasaterskrim Polres Malang AKP Donny K Baralangi mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah melakuakn pemeriksaan terhadap 30 orang yang menjadi saksi terkait dengan kasus penyalahgunaan dan bansos PKH.

“Saat ini penyelidikan sedang berjalan, kami segera menetapkan status tersangkanya” ujar Kasaterskrim Polres Malang AKP Donny K Baralangi.

Edited : Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.