June 26, 2022

Ketua Umum DPR Komisi III : Menginisiasi Pembentukan Panja Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Narkotika

JAKARTA ¬– Ketua Umum DPR Komisi III mengusulkan untuk pembentukan Panja Penegakan Hukum untuk Tindak Pidana Narkotika yang mana saat ini sangat lah meresahkan. Dan pihaknya juga akan melakukan pertemuan bersama dengan beberapa lembaga terkait untuk menyamakan dengan visi pemberantasan narkotika.

“Dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap penegak hukum, khususnya tindak pidana narkotika, saya sebagai Ketua Umum Komisi III DPR RI akan menginisiasi dibentuknya Panja Penegakan Hukum terkait dengan Tindak Pidana Narkotika” kata Herman dilansir dari Antara hari Rabu (28/6).

Di tingkat Pengadilan Negeri (PN) daerah Cibadak, sudah dikonfirmasikan bahwa sekitar ada enam orang yang di hukum mati yang berhubungan dengan narkotika. Menurut Herman, Komisi III DPR Ri ini mengajak pihak Kabareskrim Polri, Ketua BNN, Dirjen Lembaga Pemasyarakatan, dan penegak hukum lainnya untuk bekerja sama untuk menindak pidana narkotika.

“Kami di DPR juga tentunya juga siap jika dalam pembahasan ini dibutuhkan perubahan-perubahan legislasi” ujar Herman.

Untuk enam orang terpidana tersebut karena kasus narkotika jenis sabu-sabu seberat 402 kilogram. Dan Herman menilai bahwa untuk meringankan hukuman bagi keenam orang tersebut, menurutnya keringanan hukuman tersebut tidak sejalan dengan kinerja satgas terhadap Merah Putih dalam pengungkapan kasus penyelundupan narkotika.

“Keringanan hukuman yang didapat para terpidana kasus narkotika sabu-sabu 402 kilogram ini cukup memprihatinkan, bahkan bisa dibilang melukai rasa keadilan di masyarakat” ujar Herman.

Menurut Herman, semua pihak harus bisa sadar akan hal mengerikan dari dampak peredaran narkotika di sekitar kita. Khususnya narkotika jenis sabu-sabu.

Herman juga menegaskan bahwa banding diterimanya dari kuasa hukum para terpidana yang dihukum oleh Pengadilan Tinggi Bandung tentu sangat disayangkan sekali. Dikarenakan hasil kerja dari Satgasus Merah Putih Polri selama ini menjadi sia-sia dan tidak berarti sama sekali.

Beliau juga melanjutkan bahwa untuk menindaklanjuti kasus tersebut, maka beliau harus bisa mendorong Panja Penegakan Hukum terkait akan hal Tindak Pidana Narkotika Komisi III DPR RI.

Sumber teks : Desi Oktavionika S.I.Kom
Sumber Foto : dpr.go.id

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.