June 26, 2022

Resmikan IP2TP, SYL Minta Para Milenial Minat Terjun ke Sektor Pertanian

JakartaNSM Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo telah meresmikan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) yang lebih modern di Desa Muneng, Probolinggo, Jawa Timur pada Sabtu (26/6/2021) kemarin.
Dalam peresmian itu, SYL mengatakan, bertani itu hebat lantaran terlihat dalam perkembangan ekspor pertanian pada 2020 yang naik sebesar 15,4 persen atau senilai 564 triliun rupiah.

“IP2TP merupakan bagian dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) yang meneliti dan mengembangkan varietas unggul kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar dan komoditas Akabi lainnya,” katanya, dikutip dari ig pribadinya syasinlimpo, Minggu (27/6/2021)

Kemudian pada triwulan pertama di tahun 2021, ekspor pertanian bertambah sebesar 36,2 persen atau hampir senilai Rp 400 triliun.

Dengan adanya IP2TP di Probolinggo tersebut, sosok yang akrab disapa Syahrul itu mengharapkan agar para milenial tertarik untuk terjun di sektor pertanian dan memberikan terobosan serta inovasi.

“Bertani itu keren, bertani itu hebat. Semakin hebat dengan memperbaiki cara bertani dengan lebih modern,” ujarnya, dikutip dari akun ig kementerianpertanian, Rabu (30/6/2021).

Selain itu, ia juga turut menghadiri Gelar Inovasi Teknologi AKABI (GITA) 2021 dengan tema Hilirisasi Teknologi AKABI Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan Peningkatan Kesehatan Masyarakat.

Untuk diketahui, pada kesempatan itu juga Mentan SYL didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin dan Bupati Probolinggo, Tantriana Sari telah ekspor ubi jalar Antin 2 yang memiliki kandungan antosianin dan Beta 2 dengan kandungan betakaroten tinggi ke China.

Tak hanya itu, kecap Kipas Sate berbahan baku kedelai Detam 1 pun ikut diekspor ke Negara Belanda dan Australia.

(Al-Afgani Hidayat, Lc., S.H)

Sumber Berita: Akun ig kementerianpetanian, ig syasinlimpo
Sumber Foto: ig syasinlimpo











Leave a Reply

Your email address will not be published.