June 26, 2022

Bupati Bekasi Meninggal Dunia Terpapar Covid-19, Seperti Ini Karirnya

JakartaNSM Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja meninggal dunia saat berjuang melawan Covid-19 di RS Siloam Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021).

Eka dikabarkan sempat sulit mendapatkan kamar perawatan di wilayah kepemimpinannya sendiri. Seluruh ICU di Kabupaten Bekasi sudah penuh sehingga Eka harus menjalani perawatan di RS Siloam Kelapa Dua.

Setelah 10 hari menjalani perawatan, Eka yang memiliki riwayat penyakit jantung itu akhirnya mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 21.30 WIB.

Ucapan duka mendalam pun turut disampaikan Jurubicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman atas meninggalnya Bupati Bekasi tersebut.

“Innalillahi w.r. Turut berdukacita sedalam-dalamnya atas wafatnya Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi sesaat lalu, Senin (12/7).

Fadjroel turut mendoakan agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Sebagai informasi, pria yang akrab disapa Bang Eka itu merupakan putra asli daerah yang lahir di Bekasi pada 9 Februari 1973 silam.

Setelah mengenyam pendidikan di SD Lemah Abang, SMP 2 Cikarang, dan SMA Cikarang, Eka lantas melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Borobudur.

Eka memulai karir di pemerintahan saat menjabat sebagai Kepala Desa Waluya pada periode 2001-2006 dan 2006-2012.

Setelah itu, ia mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan terpilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2017.

Selanjutnya, Eka maju dalam Pilkada Kabupaten Bekasi, sebagai wakil bupati mendampingi Neneng Hassanah Yasin.

Ada empat partai politik yang saat itu mengusung keduanya yakni Golkar, PAN, Hanura, dan juga Nasdem.

Namun pada tahun 2018, KPK menangkap dan menetapkan Neneng sebagai tersangka dalam kasus pengurusan perizinan pembangunan Meikarta.

Eka lantas menjadi Plt Bupati Bekasi hingga pada tahun 2019 Neneng menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Bekasi

Terakhir, Eka dilantik menjadi Bupati Bekasi definitif berdasarkan keputusan berkekuatan hukum tetap (inkrah) dari pengadilan pada 29 Mei 2019 lalu.

(Al-Afgani Hidayat, Lc., S.H)

Sumber Berita: nesiatimes.com
Sumber Foto:











Leave a Reply

Your email address will not be published.