NASIONAL
SUARA MERDEKA
September 18, 2021

Penegak Hukum Tetap Gunakan Pasal 158 Untuk Menjerat Para Penambang, Kecuali MK Membatalkan

_____

Kalau sudah di tetapkan di UU Tetap Berlaku, Kecuali dibatalkan dalam bentuk Revisi UU, Putusan MA atau Putusan MK

______

JAKARTA NSM- Belakangan Pasal 158 UU Minerba No. 3 Tahun 2020, menjadi Isu sentral Yang menakutkan untuk Para Penambang Rakyat Tanpa Memiliki Izin (PETI), dimana pasal tersebut jika tak memiliki Izin dikenakan Hukuman 10 Tahun dan Denda Rp. 10 Miliyar.

Ketika Pengacara Agus Floureze Diminta Pendapat Terkait hal itu, Agus berpendapat Pasal 158 UU Nomor 3 Dapat dihapus jika dilakukan Uji Materil di MK yang dia anggap sangat bertentangan dengan Pasal pasal di UUD 1945.

” Itu saja yang bisa dilakukan , kalau Penegak Hukum tidak lagi menggunakan Pasal tersebut, kalau belum di uji , para Penyidik masih menggunakan Pasal tersebut untuk menjerat Para Pelaku PETI,” ujar Agus.

Sedangkan Akan terjadi Situasi Sosial ketika PETI Ditutup, Agus mengatakan Kondisi ini berakhir kalau Pemerintah Mempercepat WPRnya, agar memudahkan untuk mengurus IPR.

Sebelumnya saat Agus dimintai pendapatnya di Tipiter Mabes Polri, dia berharap Rakyat Kecil Para Penambang yang hanya bekerja untuk membeli beras, jika kedapatan Menambang di tambang Ilegal, perlu menerapkan pola Restoratif Justice dengan Menyampingkan pasal 158 tersebut.











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *