NASIONAL
SUARA MERDEKA
December 6, 2021

TINDAK LANJUT ADUAN DUGAAN PENGHINAAN / PENCEMARAN NAMA BAIK OLEH OKNUM PENGACARA DI POLDA GORONTALO

Jakarta, NSM 16/10/2021

Pada Kamis, 14 Oktober 2021, MK mendatangi Direskrimsus Polda Gorontalo untuk dimintai klarifikasi aduannya tentang dugaan pencemaran nama baik/penghinaan yang dilakukan oknum pengacara RAG dan timnya.

“Iya benar, saya telah dimintai keterangan di Direskrimsus Polda Gorontalo, pada Kamis, 14 Oktober 2021”, kata MK.

MK juga mengatakan bahwa dia optimis aduannya akan dilanjutkan sampai pada tahap Laporan Polisi.

Sementara itu, ketika di konfirmasi, Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Wahyu Tri Cahyono mengatakan bahwa pokok keberatan MK menyangkut pandangan pengacara dalam jumpa pers yang bertindak untuk dan atas nama kliennya, sehingga masih harus dikaji lagi, mengingat Kuasa Hukum ada UU Advokat atas hak imunitasnya menyampaikan hasil penyidikan. Sehingga akan digelarkan terlebih dahulu dan hasilnya akan diberitahukan kepada pelapor.

Di tempat terpisah, Agus Floureze yang saat ini sebagai pengacara Hercules di Jakarta mengatakan bahwa hak imunitas yang diberikan kepada advokat melalui UU Advokat mensyaratkan adanya iktikad baik. Namun, pada permasalahan ini, yang menjadi masalah adalah dimana letak iktikad baik yang dimaksud, ketika seorang oknum pengacara mengatakan bahwa Tersangka sudah terbukti melanggar pasal yang disangkakan? Bukankah ini sudah mengesampingkan asas praduga tak bersalah? bukankah ini juga telah merugikan seorang tersangka yang belum diadili di pengadilan tapi sudah dikatakan “melanggar pasal” oleh seorang pengacara?

Agus Floureze yang juga sebagai mantan pengacara Komjen Agus Andrianto (Kabareskrim Polri) menegaskan bahwa selama belum ada putusan pengadilan yang inkrah, maka seseorang belum bisa dikatakan terbukti melanggar ataupun terbukti bersalah. Jika sudah dikatakan terbukti melanggar pada tahapan penyidikan, maka ini tentu sudah merugikan seorang tersangka.

“Nanti kita lihat ke depan, yang pasti kami akan mengawal terus aduan ini. Satu hal juga bahwa saya mengapresiasi kinerja Polda Gorontalo yang tanggap terhadap aduan masyarakat di tengah-tengah ramainya tagar ‘PercumaLaporPolisi’ di media sosial akhir-akhir ini. Sehingganya, Agus Floureze sangat yakin terhadap hasil tindak lanjut dari aduan MK ini akan mampu meningkatkan optimisme masyarakat untuk jangan ragu melaporkan dugaan tindak pidana ke pihak kepolisian”, tutup Agus yang juga sebagai Ketum GRIB Jakarta Pusat.











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *