NASIONAL
SUARA MERDEKA
January 23, 2022

Soal PETI di Sulteng, LBH Akan Mengundang 2 PJU Dan 6 Kapolres, Agus : Saya Tetap Minta Persetujuan Kapolri


JAKARTA NSM, Agus Flores yang dikenal Aktivis Lingkungan dan Hutan ini, mengatakan kepada Media Senin ( 6/12) di Kantor PSSI Pusat, pihaknya akan mengundang 2 PJU Polda Sulteng yakni Direskrimsus, Dirintel dan 6 Kapolres yakni Kapolres Parimo, Kapolresta Palu, Kapolres Morowali , Kapolres Morowali Utara, Kapolres Poso dan Kapolres Sigi, guna membahas bersama pihak Ditjen Minerba di Kantor LBH Phasivic Jakarta Pusat terkait beberapa Lokasi Areal Pertambangan Tanpa Izin ( PETI) yang hingga kini belum tuntas dilakukan Penutupan.

Tentunya menurut Agus, Rencana Rapat Bersama tersebut harus mendapat Persetujuan dari Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo .


” Pokoknya saya akan coba menyurati Kapolri untuk meminta saran , agar 2 PJU dan 6 Kapolres dapat hadir Rapat bersama dengan pihak Ditjen Minerba dikantor LBH Phasivic, guna membahas Permasalah Tambang Ilegal tak kunjung dilakukan Penutupan oleh pihak Kepolisian setempat,” Ujar Agus Flores.

Putra Kelahiran Sulteng Belestran Jawa Timur- Flores ini mengatakan, pihaknya sebagai Putra Kelahiran Sulteng yang telah berhasil di Jakarta Pusat, akan memfasilitasi Pertemuan antara Jajaran PJU dan Kapolres guna membahas bersama Ditjen Minerba di kantornya terkait kendala kendala lambatnya Proses Penutupan PETI di Sulawesi Tengah .


Direncanakan Areal PETI yang akan ditutup diantaranya Seluruh PETI di Kabupaten Parigi Moutong, PETI Dongi dongi , PETI Poboya, PETI Morowali dan Morowali Utara .

Dan diminta Para Pelaku Pengrusakan Lingkungan dan Hutan Tersebut, diharapkan menerapkan UU Minerba Untuk Melakukan Proses Pidana hingga pada P21.

” Mungkin dengan cara kedua ini, bisa berhasil menutup PETI di Sulteng, karena curah hujan dibulan Desember cukup tidak bersahabat, sehingga antisipasinya dengan cara itu,” tegas Komisaris Media NSM ini.

****











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *