NASIONAL
SUARA MERDEKA
January 23, 2022

Pemain Tambang Ilegal SR Ditangkap Polisi, Kepala Teknik Di Ciduk



JAKARTA-NSM,- Dengan ditangkapnya Direktur PT SBKW Berinisial SR, oleh Pihak Polres Tanah Bambu Kalimatan Selatan, dalam Kasus Tambang Ilegal, membuktikan Keseriusan Kepolisian Dalam Menangani PETI diseluruh Indonesia.


Kini Terjadi Di Kalimantan Selatan Polres Tanah Bambu Menahan SR Direktur PT SBKW dan Pemilik PT SBKW dalam Status Saksi Menyangkal Terlibat dalam Pertambang Ilegal.


Bahkan Pemilik PT Sarabawa Kawa (PT SBKW) Syafruddin H Maming mengatakan perusahaannya tak terkait dengan dugaan penambangan ilegal di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.


Pemilik Tersebut menyebut kasus tambang ilegal urusan pribadi tersangka SR selaku Direktur PT SBKW. Bahkan dirinya tidak tahu menahu soal kasus tersebut dan tidak ada kaitannya dengan Perusahaannya .

Namun apa yang dilakukan SR, Menurut Syafrudin bahwa SR melakukan penambangan illegal, adalah urusan pribadinya, dan sama sekali tak ada kaitannya dengan PT SBKW, karena Sejak tahun 2020, PT SBKW sudah tidak lagi melakukan aktivitas penambangan.

Syafruddin Pula menegaskan lagi bahwa dia dan adiknya, Ketum BPP Hipmi Mardani H Maming, tak terkait dengan kasus tambang ilegal yang melibatkan direkturnya.

Polres Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selain menangkap Direktur PT Sarabawa Kawa, Saipul Rahman, terkait dugaan tindak pidana penambangan ilegal. Kepala Teknik Tambang perusahaan tersebut, Fadlul Rakhman, juga diciduk.

“Melakukan tangkap tangan atas dugaan tindak pidana Penambangan Ilegal atau PETI (Penambangan Tanpa Ijin) sebagaimana dimaksud pada Pasal 158 UU Pertambangan Mineral dan Batubara,” ujar Kasat Reskrim Polres Tanah Bumbu Iptu Wahyudi, didampingi Kasi Humas Polres Tanah Bumbu, AKP Ibrahim Made, dalam keterangannya, Kamis (9/12).

Wahyudi menerangkan penangkapan tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang kemudian dilakukan penyelidikan pada 22 November 2021. Polisi menemukan PT Saraba Kawa melakukan penambangan ilegal di Desa Mangkal Api, Teluk Kepayang, Tanah Bumbu, Kalsel.

DAF











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *