August 16, 2022

7 Wakil Menteri Akan Dilantik Presiden Jokowi, Membantu Tugas Menteri


JAKARTA NSM, Dengan Diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 110 Tahun 2021 tentang Kementerian Sosial (Kemensos) Salah satu poin dalam perpres itu adalah penambahan posisi wakil menteri sosial.

Dimana Jabatan wamensos dituang dalam pasal 2 Perpres Nomor 110 Tahun 2021. Aturan itu tidak ada pada Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2015 tentang Kementerian Sosial
, Maka Akan Bertambah Wakil Menteri di Jajaran Indonesia Bersatu diantarnya Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud Ristek); Wakil Menteri ESDM , Wakil Menteri Sosial; serta serta Wakil menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB).

Dan Seluruh Wakil menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Pejabat tersebut berposisi di bawah dan bertanggung jawab kepada Para Menteri.

Posisi wakil menteri menambah daftar panjang jabatan wakil menteri yang kosong. Hingga saat ini, ada tujuh kursi wamen yang kosong di pemerintahan Joko Widodo.

Selain itu, wakil menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Dikbud Ristek); Wakil Menteri ESDM, wakil menteri sosial; serta serta wakil menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Pan-RB).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan jabatan-jabatan itu disediakan agar pemerintah dinamis. Jabatan itu dibuat meski belum tentu diisi.

“Dalam perpres kelembagaan, beberapa kementerian memang ada posisi wakil menteri, tetapi tidak semuanya diisi. Diisi sesuai kebutuhan,” ungkap Pratikno di Istana Kepresidenan.

DAF











Leave a Reply

Your email address will not be published.