June 25, 2022

PETI Di Sulawesi Ada, Agus : Harus Libatkan Polri-Forkopimda dan Tokoh Masyarakat


JAKARTA NSM, Masih ingat Laporan Agus Flores 6 Bulan lalu kepada Presiden Jokowi terkait Kebocoran Merugikan Negara berupa pajak dan Kebocoran Korupsi BBM, hingga Orang Nomor Satu tersebut mengucapkan Terimakasih, kini Kunjungan 17 Hari Komisaris Komisaris Utama PT Nasional Suara Merdeka (NSM)ini di Beberapa Provinsi di Sulawesi, semakin membuahkan hasil, hingga dia memprediksikan Kerugian Negara setiap tahunnya bisa mencapai Rp. 100 Triliun.

Diapun mengatakan 6 Provinsi di Sulawesi masih melakukan aktivitas Pertambangan Tanpa Izin (PETI) Khususnya Tambang emas.

Kendala yang dihadapi Penegak Hukum menurut Agus terkait Keterlibatan Forkopimda dan Tokoh Masyarakat, untuk melakukan Kesepakatan Bersama Penutupan Pertambangan Emas di 6 Provinsi di Gorontalo.

” Masih Beroperasi lah, nantinya kalau bisa Penegakan Hukum PETI dilakukan Polri , harus melibatkan Semua. elemen diantaranya Forkopimda dan Tokoh Masyarakat,” Ujar Ketum LBH Phasivic.

Diapun mengatakan Perlu dibedakan antara Tambang Rakyat dan PETI, kalau Tambang Rakyat lebih menggunakan Proses Tradisional, tidak menggunakan kimia, hanya menggunakan Betel, linggis dan alat tradisional.

” Jika sudah menggunakan Kimia, Mesin dan alat berat, itu tergolong PETI dan wajib mengurus IUP, sedangkan tradisional dapat mengajukan IPR Perorangan,” tegas Agus .

Ditambahkan Agus, Beberapa Kapolda di Sulawesi bersepakat Tetap melakukan Penindakan Hukum sesuai dengan UU Minerba No.4 Tahun 2020, selama hal tersebut ditemukan pihak Kepolisian.

****











Leave a Reply

Your email address will not be published.